Perangkat Pembelajaran pada kurikulum 2014 memang berbeda dengan perangkat pembelajaran pada kurikulum sebelumnya.
Berikut ini adalah link untuk mendowload Rencana Pembelajaran Kurikulum 2014 Kelas 7 semester 2, file yang diunduh dalam bentuk word sehingga mudah untuk diedit, silahkan klik pada file yang ingin anda unduh pada tulisan dibawah ini.
RPP 3
RPP 4
RPP 5
Silabus
KI dan KD
No |
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (KI 1)
|
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berpikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mem pertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam erinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (KI 2)
|
2.1. Meniru perilaku jujur, disiplin bertanggung
jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh
tokohtokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
|
|
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (KI 3)
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas
antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia
pada masa Praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial,budaya, dan ekonomi.
|
|
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret mengguna- kan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan meng- arang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori. (KI 4)
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar.
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentukbentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
|
ips itu ilmu pengetahuan sejarah kan ??,,hehe
BalasHapusterima kasih banya gan untuk infonya
BalasHapusok gan,,terima kasih banyak ya :)
BalasHapuspermisi gan ijin nyimak aja ya :D
BalasHapuspermisi gan ijin menyimak infonya
BalasHapusterima kasih gan ntuk infonya
BalasHapuspermisi gan...ijin nyimak aja
BalasHapus